Pemkab Pekalongan Apresiasi Pelaksanaan Apel Operasi Mantap Brata 2023-2024

Pemkab Pekalongan Apresiasi Pelaksanaan Apel Operasi Mantap Brata 2023-2024

KAJEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menyampaikan apresiasi kepada pihak Kepolisian khususnya Polres Pekalongan atas terselenggaranya Apel Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata 2023-2024 sebagai persiapan dalam  rangka menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

Baca Juga : Hari Ini Kabupaten Pekalongan Deklarasikan Pemilu Damai

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian dan juga TNI yang pada kesempatan sore hari ini mempersiapkan Apel Siaga dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024,” Demikian disampaikan Bupati Pekalongan melalui Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi, SH usai mengikuti apel gelar pasukan Operasi Mantab Brata di Jalan Raya Mandurorejo Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Kamis (19/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati melalui Wabup Riswadi juga menyampaikan optimis bahwa koordinasi yang terus-menerus akan meningkatkan kinerja dan kesiapan personel kepolisian dan juga TNI dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan selama pemilu, “Kami rasa ini sudah bagus dan dengan koordinasi yang terus menerus akan menjadikan kinerja personil yang lebih baik, dan mantap, serta sigap dilapangan dalam menghadapi segala sesuatu yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Kapolres Pekalongan, AKBP Wahyu Rohadi, mengungkapkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Apal Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 adalah untuk melakukan pengecekan kesiapan, baik dari segi personil yang bertugas dalam pengamanan maupun dari segi sarana prasarana. Ia menyatakan bahwa Polres Pekalongan siap menjaga keamanan pemilu 2024 mendatang, "Insya Allah, kami di Polres Pekalongan siap untuk menjaga keamanan dalam pemilu dan seluruh tahapannya yang cukup panjang, mengingat ini adalah kali pertama pemilu dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah," ujarnya.

Baca Juga : Penutupan TMMD Sengkuyung di Desa Blimbingwuluh Sukses Digelar

Lebih lanjut, ia mengajak masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk menjaga kondusivitas selama pemilu 2024 mendatang. Ia menekankan pentingnya menjaga pesta demokrasi dengan penuh kegembiraan dan menghindari konflik yang tidak diinginkan, “Ayok mari kita bersama-sama menjaga kondusivitas, kita sama-sama mengamankan pesta demokrasi. Yang namanya juga pesta jadi harus kita lakukan dengan penuh kegembiraan dan sekecil mungkin dari gesekan-gesekan,” katanya.

Selain itu, Kapolres Pekalongan juga mengungkapkan bahwa pada tahap pertama operasi Mantabrata, sebanyak 164 personel kepolisian akan dikerahkan untuk mengamankan tahap pendaftaran. Ia menuturkan bahwa untuk saat ini, belum ada titik rawan, namun pihaknya tetap berharap agar situasi tetap aman dan kondusif.

Diketahui bahwa Operasi Mantap Brata akan dilaksanakan selama 222 hari,  sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024. Dalam operasi Mantap Brata, Polri dengan dukungan dari TNI, kementerian Lembaga, instansi terkait, dan mitra kamtibmas lainnya akan melakukan pengamanan seluruh tahapan pemilu.*Tim Prokompim Setda Kabupaten Pekalongan

Baca Juga : Bupati Pekalongan Berdialog dengan Warga Kelurahan Bener Terkait Perbaikan Jalan Rusak